Sunday, January 24, 2021

PEMBELAJARAN JARAK JAUH MENGGUNAKAN VIDEO TEKS

 


PEMBELAJARAN JARAK JAUH MENGGUNAKAN VIDEO TEKS

Oleh: Joko Subi Asmoro, S.Pd

Guru Fisika SMAN 1 Randublatung, Blora

Model pembelajaran jarak jauh yang dilakukan berbagai sekolah harus mampu memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi peserta didik. Kreativitas seorang guru memiliki peranan penting dalam mendukung kesuksesan pembelajaran jarak jauh saat ini. Guru harus mampu memilih media sesuai kebutuhan, penyampaian materi yang menyenangkan, serta penyesuaian waktu yang efektif dalam belajar.

Penggunaan media yang tepat akan memudahkan peserta didik dalam memahami suatu materi. Pada saat pembelajaran tatap muka, guru seringkali menggunakan papan tulis sebagai media utama. Tulisan guru di papan tulis terbukti mampu memberikan makna yang mendalam dalam pikiran peserta didik.

Kecanggihan teknologi mampu menghadirkan tulisan guru  menjadi video teks. Video teks akan menyajikan rangkaian tulisan yang menjelaskan suatu materi pelajaran. Selain penjelasan guru berupa tulisan, video teks dapat dipadukan dengan gambar, animasi, dan video lain yang relevan. 

Media pembelajaran berupa video teks dapat dibuat oleh semua guru dengan mudah. Ada tiga metode yang dilakukan untuk membuat video teks : 

Pertama, menggunakan kamera untuk merekam guru menulis di papan tulis. Teknik ini membutuhkan kamera perekam dengan kualitas yang bagus. Kamera yang digunakan harus mampu merekam tulisan dan suara guru dengan jelas. 

Kedua, menggunakan perangkat lunak perekam layar komputer. Teknik ini tulisan guru dituangkan pada perangkat lunak pengolah gambar atau papan tulis digital yang terpasang pada komputer. Untuk menulis secara digital menggunakan perangkat tambahan berupa pen tablet. Suara guru direkam menggunakan mikrofon yang terhubung dengan komputer 

Ketiga, guru menulis di atas kertas kosong menggunakan pulpen atau spidol sambil merekam menggunakan kamera. Teknik ini dapat dilakukan oleh semua guru karena tidak memerlukan kamera dengan kualitas tinggi. Bahkan dengan menggunakan kamera ponsel, video teks ini dapat dibuat dengan mudah. 

Tujuan utama membuat video teks adalah menyajikan penjelasan guru berupa tulisan dan suara yang terpadu pada sebuah video. Namun tidak menutup kemungkinan video teks yang telah dibuat dapat dikombinasi dengan menambahkan efek khusus maupun animasi. Sehingga tayangan video teks menjadi lebih menarik. 

Untuk mata pelajaran eksak, video teks ini sangat membantu untuk menyajikan solusi pembahasan soal-soal latihan. Langkah-langkah penyelesaian soal disajikan berupa video teks secara berurutan seperti menulis di papan tulis di kelas. Sehingga peserta didik dapat memahami latihan soal dengan mudah. 

Pendistribusian video teks kepada peserta didik dapat dilakukan melalui berbagai cara. Untuk daerah-daerah dengan sinyal internet yang bagus dapat memanfaatkan kanal-kanal media sosial untuk mendistribusikan video teks. Sedangkan untuk daerah yang tidak dijangkau sinyal internet, pendistribusian video teks dapat dilakukan menggunakan kaset VCD maupun USB Flashdrive. 

Media pembelajaran berupa video teks mudah digunakan oleh peserta didik karena hanya memerlukan perangkat pemutar video. Saat ini banyak sekali perangkat pemutar video dengan harga yang terjangkau. Bahkan sebagian besar peserta didik memiliki gawai yang dapat digunakan untuk memutar video. Penggunaan media pembelajaran berupa video teks akan membuat proses pembelajaran jarak jauh dapat dilakukan dalam kondisi yang mudah, ringan, gembira, dan penuh interaksi.


Tulisan ini ditayangkan pada Jawa Pos Radar Kudus pada tanggal 23 Januari 2021.